"BANDUNG-‎Pemerintah Provinsi Jawa Barat memastikan pembayaran pembebasan lahan Sungai Cimande dan Cikijing akan dilakukan setelah lebaran ini. Pembebasan tersebut dilakukan sebagai upaya normalisasi sungai untuk mengurangi dampak banjir Rancaekek."

BANDUNG-‎Pemerintah Provinsi Jawa Barat memastikan pembayaran pembebasan lahan Sungai Cimande dan Cikijing akan dilakukan setelah lebaran ini. Pembebasan tersebut dilakukan sebagai upaya normalisasi sungai untuk mengurangi dampak banjir Rancaekek.

Sekretaris Daerah Jawa Barat, Iwa Karniwa mengatakan, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum telah mengalokasikan Rp 50 miliar untuk pembebasan lahan guna melakukan normalisasi sungai. Rinciannya, untuk Cieunteung Rp 33,8 miliar sudah dibayarkan, Rp 4,3 miliar untuk Cikijing, dan Cimande Rp 3,3 miliar dan Bendung Sadawarna Rp 1,65 miliar.

"Khusus pembebasan lahan di Cimande dan Cikijing  akan diserahkan setelah lebaran dan pada anggaran perubahan APBN  2017. Alhamdulilah sekarang sudah tidak banjir,"ujar Iwa, Rabu (28/6).

Menurut Iwa, BBWS secara bertahap melakukan penanganan serius dalam normalisasi sungai tersebut yang akan dilebarkan dari 7 meter menjadi 15 meter.

Pihaknya menargetkan kawasan Rancaekek bebas banjir pada 2018 mendatang namun dengan catatan ada upaya yang komprehensif dari semua pihak.

Sementara itu, pihaknya pun tengah melakukan evaluasi terkait kondisi eksisting dan progres pembangunan waduk strategis di Jabar. Menurut dia, di Jabar terdapat delapan waduk yang terkait dengan BBWS Cimanuk-Cisanggarung, Citarum, Ciliwung Cisadane dan Citanduy. (Pun)